Pijat Payudara Dapat Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Memakai bra ternyata meningkatkan risiko terkena kanker payudara, demikian rilis sebuah penelitian. Kemungkinan tekanan yang muncul dari penggunaan bra secara terus menerus akan membatasi keluarnya racun dan zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Semakin besar tekanan pada payudara maka pembuluh darah limfatik akan semakin tertekan dan dapat menghentikan secara total keluarnya aliran racun dari payudara.
Penelitian dilakukan terhadap 4.700 wanita, dan ditemukan fakta bahwa risiko tertinggi wanita terkena kanker payudara adalah pada wanita yang mengenakan bra selama 24 jam setiap hari, dan angka risiko terendah adalah mereka yang tidak pernah mengenakan bra. Penelitian tersebut menyarankan wanita sebaiknya hanya menggunakan bra tidak lebih dari 12 jam setiap hari.
Salah satu cara mengurangi risiko kanker payudara yang bisa diupayakan sendiri oleh kaum wanita adalah dengan melakukan pemijatan mandiri atau biasa disebut Self Care Breast Massage. Pemijatan payudara meliputi meremas, memijat lembut, menggosok, dan mengusap, semuanya dilakukan dengan tangan sendiri. Latihan pemijatan ini akan merangsang peningkatan produksi getah bening dan memperlancar aliran darah ke payudara.
Cara Melakukan Pijat Payudara
Cara terbaik melakukan pijat payudara mandiri adalah dengan meremas dan memeras menggunakan kedua tangan dengan membentuk ikatan antara telapak tangan dan jari-jari. Bisa juga dengan menggosok dan mengelus-elus payudara dengan telapak tangan secara lembut dan tekanan sedang.
Karena ukuran dan bentuk payudara setiap wanita bervariasi maka tekanan dan elusan disesuaikan dengan tingkat sensitifitas masing-masing. Untuk payudara yang kencang, tekanan sedang akan lebih efektif dilakukan.
Lakukan pemijatan payudara ini sebanyak dua kali setiap minggu. Untuk hasil yang lebih bagus, gunakan minyak sayur agar lebih nyaman.
  1. Usap dan elus payudara secara perlahan dan tidak terlalu cepat dengan arah gerakan menuju dan kemudian menjauhi puting. Jangan menekan terlalu keras, jumlah tekanan seperti saat anda melakukan tekanan di kelopak mata, pelan saja. Tekanan yang berlebih akan menekan pembuluh darah limfatik dan dapat menghentikan aliran racun keluar dari payudara.
  2. Gunakan kedua jari tangan, pijat payudara dengan lembut. Gerakan menyerupai meremas yang disertai gerakan menekan dan mengangkat.
  3. Gunakan kedua tangan dan lakukan gerakan memutar payudara dengan arah yang sesuai putaran jarum jam, kemudian putar kembali melawan jarum jam. Jangan terlalu memberikan tekanan pada payudara saat melakukan gerakan memutar.
  4. Lakukan gerakan menekan menggunakan kedua jari tangan seperti gambar, tujuannya untuk menekan kelenjar pada payudara.
Kanker payudara adalah momok yang ditakuti banyak wanita karena dapat menyebabkan seorang wanita kehilangan payudaranya melalui operasi dan juga dapat menyebabkan kematian. Kanker payudara banyak timbul ketika seorang wanita telah mencapai menopause namun tidak sedikit juga wanita-wanita muda yang mengalami kanker payudara.
Selain pemijatan payudara seperti tertulis di atas, menurunkan risiko terkena kanker payudara juga dapat dilakukan dengan memperbaiki gaya hidup dan pola makan. Tidak merokok dan rajin berolahraga akan membuat tubuh memiliki banyak zat antioksidan yang dapat mematikan sel-sel kanker payudara.

0 komentar:

Posting Komentar